Kamis, 30 September 2010

Jurnal I


MANFAAT FACEBOOK DAN TWITTER BAGI MASYARAKAT


Latar Belakang Masalah
          Dampak sosial networking pada anak remaja sangat terlihat jelas, baik itu dampak negatif maupun dampak positif. Facebook merupakan salah satu sosial networking yang sangat populer saat ini, jadi semua kalangan baik itu anak-anak, remaja bahkan orang tua mengenal apa itu facebook. Ada beberapa orang beranggapan Facebook itu penting dan bermanfaat misalnya seperti mempertemukan kembali teman yang sudah lama sekali melakukan komunikasi, dengan adanya facebook pertemanan mereka terhubung kembali.
          Namun di balik itu semua facebook mempunyai dampak negatif yang sangat luar biasa, dari penggunaan facebook sangat memungkinkan remaja dan anak – anak menjadi korban tindak kekerasan, pelecehan, bahkan kriminalitas. Sebagai contoh misalnya adalah terungkapnya berbagai macam kasus modus kejahatan melalui jejaring sosial facebook, mulai dari penculikan, penipuan hingga perselingkuhan.
          Dampak negatif facebook dan twitter pada remaja sangat mudah di ketahui dari tingkah laku dan perubahan yang terjadi pada diri anak tersebut. Misalnya dia lebih mengutamakan ke warnet daripada belajar di rumah, sering menunda-nunda waktu kalau sudah di depan komputer (facebookan) dan lain sebagainya. dampak ini sangat bervariasi bentuknya dengan opini dan alibi mereka supaya bisa tetap bermain facebook. dengan beberapa hal ini kita sebagai orang tua harus bisa mengantisipasi dengan cara berperan aktif dalam menanamkan nilai-nilai yang positif, termasuk di dalamnya nilai- nilai mengenai hubungan pertemanan yang dijalin melalui dunia maya.
          Setiap sosial networking tentu memiliki sisi positif dan negatif tidak hanya facebook dan twitter saja. Nah yang harus kita lakukan adalah meminimalkan sisi negatifnya, memahami jejaring sosial terutama facebook sebagai piranti tukar sapa ataupun tukar informasi bukan untuk tujuan lain. mungkin sedikit ini saja yang bisa saya sampaikan dengan mengambil topik facebook dan dampak negatifnya pada remaja, bila anda mempunyai komentar atau opini tentang facebook dan situs jejaring sosial lainnya silahkan masukkan uneg-uneg anda di kolom komentar yang telah di sediakan.

Perumusan Masalah
        Berdasarkan latar belakang di atas dirumuskan permasalahan penelitian yaitu bagaimana masyarakat menggunakan dan menjalankan atau mengoprasikan facebook dan tewitter dengan semestinya. Tanpa disalah gunakan untuk kegiatan yang tidak baik.
Tujuan Penelitian
1.      Untuk mengetahui intensitas penggunaan facebook dan twitter di kalangan maryarakat
2.      Untuk mengetahui tujuan menggunakan facebook dan twitter.
3.      Untuk mengetahui manfaat facebook dan twitter.

Manfaat Penelitian

1.      Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya khasanah penelitian perihal penggunan   facebook dan twitter dalam kehidupan sehari-hari.­
2.      Penelitian ini bermanfaat dalam penerapan teori-teori tentang dampak kehadiran teknologi facebook dan twitter dan pengaruhnya terhadap gaya hidup masyarakat.
3.      Sebagai pengembangan ilmu Komunikasi.


METODOLOGI PENELITIAN

Metode Penelitian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tanya jawab yang menggambarkan bagaimana Gaya hidup masyarakat yang menggunakan facebook dan twitter di kalangan masyarakat.

HASIL DATA DAN  PEMBAHASAN

A.     Deskripsi Hasil Penelitian.
Dari keseluruhan jumlah kuesioner yang dialokasikan di lokasi penelitian yaitu sebanyak 60 kuesioner, jumlah tersebut kembali semuanya, sehingga kuesioner cukup 100%, dengan demikian yang akan dianalisis dalam bab ini adalah data yang diperoleh 60 responden tersebut, adapun data yang akan dibahas mulai dari identitas responden, jenis kelamin, usia, pendidikan, suku, Agama dan lain-lain dan berikut ini dapat kita liahan antara lain:

Tabel 1
Identitas Responden

No.
Jenis Kelamin
f
%
1
Laki-laki
26
43,33
2
Perempuan
34
56,67
Jumlah
60
100
Sumber : Hasil Penelitian
n = 60

Responden yang berjenis kelamin laki-laki sebanyak 26 orang atau 43,33 % dan jenis  klamin perempuan subanyak 34 orang atau 56,67 %. Dari pengamatan peneliti lebih dominan perempuan disebabkan pada waktu wawancara dilapangan yang mulai pagi hari yang dijumpai dirumah adalah mayorotas prempuan, sedangkan laki-laki mayoritas bekerja.

B.     Kepemilikan Komputer

Tabel 2
Kemiliki komputer
No
Alternatif jawaban
f
%
1
Memiliki sendiri
55
91,67
2
Milik orang tua/keluarga
5
8,33
3
Kawan
-
-
4
Lainnya …
-
-
Jumlah
60
100
Sumber : Hasil Penelitian
n = 60

Dari tabel 4 diatas dapat dilihat bahwa kepemilikan computer selular responden adalah milik sendiri ada 55 orang atau sebanyak 91,67%, dan milik orang tua ada 5 orang atau 8,33%, sadangkan untuk milik kawan tidak ada. Dari analisis peneliti bahwa kebanyakan memiliki sendiri, karena sangat tidak mungkin selamanya kita selalu meminjam milik orang lain, karena jaman sekarang ini computer bukan lagi barang mewah, tetapi sudah merupakan barang biasa, sedangkan yang milik keluarga sangan minim sekali.


Tabel  3
Penggunaan fasilitas  internet oleh responden

No
Penggunaan fasilitas layanan mengakses internet
F
%
1
Sangat sering
8
53,34
2
Sering
3
20
3
Jarang
2
13,33
4
Tidak pernah
2
13,33
Jumlah
15
100
Sumber : Hasil Penelitian
n = 60

Dari tabel 9 diatas dapat dilihat bahwa penggunaan fasilitas mengakses internet pada computer  response adalah, sangat sering ada 8 orang atau 53,34%, dan yang sering ada 7 orang atau 20%, lalu yang jarang ada 2 atau 13,33%, dan yang tidak pernah ada 2 orang atau 13,33%, dari jumlah responden computer  yang memakai fasilitas internet ada  8 orang tidak pernah memakai sama sekali, sedangkan lainnya ada yang memang jarang digunakan dan ada yang mengaku sering dan sangat sering digunakan, mereka ini mencari informasi yang belum mereka dapatkan dari media lainnya.



Manfaat Facebook
         Tidak dapat dipungkiri, dominasi akses Internet harian di Indonesia masih didominasi akses publik, entah ditu dari tempat kerja, kampus ataupun pusat-pusat keramaian yang telah banyak menyediakan akses hotspot. Itulah mengapa load tertinggi akses Internet di Indonesia terjadi justru pada hari-hari kerja.
         Hal ini tentunya mengundang pemikiran dari berbagai pihak, baik perusahaan maupun perkantoran terkait dengan produktifitas kerja karyawannya. Hal ini sangat wajar, mengingat Facebook ataupun situs jejaring sosial lainnya telah mendatangkan satu  euphoria tersendiri bagi masyarakat, terutama dalam hal relasi dan konektivitas harian.
         Yang paling menyenangkan adalah dengan jasa Facebook ini, user yang dapat menemukan kembali teman-teman lamanya dengan berbagai opsi komunikasi yang ditawarkan. Selain itu Facebook juga masih menawarkan berbagai feature menarik yang dapat kita pakai untuk menyapa atau bermain dengan teman-teman kita. Hal-hal inilah yang memicu kekhawatiran banyak pihak, karena dengan banyaknya feature komunikasi yang ditawarkan, dikhawatirkan akan membuat usernya lupa waktu dan pekerjaannya. Itulah mengapa mulai banyak perusahaan yang berusaha menutup akses situs Jejaring sosial ini di area perkantorannya.
         Kalau di telaah lebih jauh Facebook memberikan beberapa manfaat untuk pekerjaan dan perusahaan. Terjalinnya hubungan yang akrab antar karyawan dan atasan sehingga memberikan iklim kerja yang positif. Sedangkan untuk orang yang berhubungan dengan marketing, facebook akan menambah relasi bisnis, dan merupakan sarana promosi untuk perusahaan.

Manfaat twitter
      Twitter terbukti membawa manfaat beragam bagi penggunanya. Dari mulai menemukan cinta sampai mematai-matai orang bisa dilakukan via situs mikroblogging ini.

Dari hashtag yang dimunculkan di Twitter bertajuk #thankstwitter4, didapatlah ratusan ucapan terimakasih dari Tweeps atas peran Twitter dalam kehidupan mereka.

Hashtag ini dibuat oleh salah satu blog teknologi populer Mashable dalam rangka memperingati hari ulang Tahun Twitter yang ke-4, dimana jatuh pada 21 Maret kemarin.

Respon pun membanjiri hashtag ini sehingga ia sempat menduduki tangga Trending Topics. Dan ini dia sejumlah peran Twitter yang dinilai mengubah kehidupan penggunanya seperti yang dikutip dari Mashable:

* Menemukan cinta
* Meraih ketenaran
* Tetap update dengan peristiwa terkini
* 'Memata-matai' kehidupan selebritis
* Menambah teman
* Menambah teman yang berhobi sama
* Membuat ketagihan

Fakta Tentang Facebook     
- Facebook punya lebih dari 150 juta pendaftar
- Jumlah pengguna yang aktif lebih dari 20 juta
- Separuh lebih pendaftar Facebook bukan orang kuliahan
- Pengguna rata-rata memiliki 100 teman
- Lebih dari 3 juta pengguna menjadi penggemar sesuatu
- Jumlah foto yang di up-load lebih dari 800 juta perbulan
- lebih dari 5 juta video di up-load perbulan
- Konten lain(link,cerita,blog,cata
tan,dll) yang si share lebih dari 20 juta perbulan
- Lebih dari 2 juta even dibuat setiap bulan
- Facebook sudah di terjemahkan ke dalam 15 bahasa ,Masih ada 60 bahasa lagi yang masih dalam proses penerjemahan
- lebih dari 70 persen pengguna Facebook tinggal di luar Amerika
- Saat ini,ada lebih dari 52 ribu aplikasi ontuk Facebook
- Aplikasi baru bertambah 140 perhari
- Sekitar 95 persen pengguna menggunakan satu aplikasi dalam Facebook

Fenomena facebook begitu gempar di Indonesia, sampai-sampai ada facebook dalam bahasa indonesia. Saya heran bukan main, satu per satu teman saya mendaftar di facebook.

Tidak heran kalau di tahun 2008 facebook meraup keuntungan 300 juta dollar amerika karena lebih dari 140 juta user aktif di seluruh dunia dan 8,5 juta foto dimuat tiap harinya. Bagi yang belum tahu apa itu facebook bisa baca artikel ini.

Facebook memberikan banyak kemudahan bagi kita, dari mulai menjalin relasi sampai cari uang dari facebook, baca juga artikel ini dan artikel ini. Tapi keuntungan yang sebanyak itu digunakan untuk membiayai perang di Gaza. Benarkah?

Awalnya saya juga tidak sengaja reseach tentang facebook. Dari awal saya sangat tidak setuju dengan adanya agresi Israel di Gaza. Untuk membantu warga Gaza, saya hanya bisa berdoa dan berniat untuk memboikot produk-produk Israel.

Dari artikel yang saya publish beberapa waktu lalu tentang pemboikotan produk-produk Amerika, ada komentar yang mengatakan bahwa facebook dan wordpress adalah milik amerika dan menyarankan untuk tidak memakainya lagi. Dari sini awal mulanya saya melakukan reseach tentang facebook dan wordpress.

Fakta - fakta :
1. Facebook adalah milik Mark Zuckerberg, jika kita membaca artikel Mark Zuckerberg dalam bahasa indonesia tidak diketahui secara lengkap siapakah dia. Kalau kita membaca artikel tentang Mark Zuckerberg dalam bahasa inggris terdapat lengkap data diri si pembuat facebook ini.

2. Siapakah sebenarnya si pendiri sekaligus CEO facebook ini? Dia adalah mahasiswa harvard university dan aktif sebagai anggota Alpha Epsilon Pi. What is Alpha Epsilon Pi? baca artikel ini.

3. Alpha Epsilon Pi adalah seperti perkumpulan mahasiswa Yahudi di amerika utara, yang mempunyai misi sebagai berikut,

Alpha Epsilon Pi, the Jewish Fraternity of North America, was founded to provide opportunities for Jewish men seeking the best possible college and fraternity experience. We have maintained the integrity of our purpose by strengthening our ties to the Jewish community and serving as a link between high school and career. Alpha Epsilon Pi develops leadership for the North American Jewish community at a critical time in a young man’s life. Alpha Epsilon Pi’s role is to encourage the Jewish student to remain dedicated to Jewish ideals, values, and ethics and to prepare the student to be one of tomorrow’s leaders so that he may help himself, his family, his community, and his people.

Yang intinya adalah sebagai tempat pengkaderan dan tempat mencari pemimpin baru bagi kaumnya, yaitu Yahudi.

4. Fakta ke-empat sampai artikel ini ditulis serangan Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 600 palestinians.

5. Facebook mendapatkan keuntungan dari iklan yang dipasang, semakin banyak user dan pengunjung facebook senakin banyak pula penghasilnya.

Fakta Tentang Twitter
1. Lebih dari 1/5 akun Twitter nyaris tidak pernah digunakan penggunanya.
2. Hampir 94% dari seluruh akun Twitter punya ‘followers’ kurang dari 100
3. Maret dan April 2009 merupakan puncak kejayaan Twitter. Hal ini ditandai dengan giatnya pembuatan akun oleh artis-artis, seperti Aston Kutcher dan Oprah yang membuat pengguna Twitter meledak pertambahan jumlahnya.
4. Kebanyakan pengguna balik mem-‘follow back’ para ‘followers’ hanya sampai dengan 150 orang. Selebihnya, angkanya menurun drastis. Mungkin karena pengguna Twitter cenderung memilih orang-orang tertentu saja untuk mengetahui ‘curhatan’ keseharian hidup mereka.
5. Hanya sejumlah kecil pengguna Twitter yang aktif. Terbukti dari sekitar 5% akun saja yang tercatat menggunakan penuh 75% kegiataan dalam situs Twitter, dan 10% dari total akun menjadi sebesar 86% dari total kegiataan Twitter.
6. Setengah (50.4%) dari total pengguna Twitter terhitung tidak aktif. Ukuran aktif disini berdasarkan post pengguna Twitter dalam seminggu terakhir.
7. Hari Kamis merupakan hari di mana pengguna Twitter paling aktif. Diikuti Rabu dan Jum’at secara berturut-turut.
8. Aplikasi program di luar Twitter menyokong kegunaan dan pertumbuhan penggunaan Twitter. Sysomos menemukan bahwa 55% total pengguna Twitter memakai fasilitas di luar sarana dalam Twitter.com untuk ‘bercuap-cuap’, mencari dan terhubung dengan pengguna Twitter lainnya. Hal ini mengingat fasilitas dalam Twitter sendiri terkenal buruk, karena layanannya acapkali ‘crash’.
9. Bahasa Inggris masih mendominasi isi Twitter. Mengingat 4 negara teratas pengguna Twitter menggunakan bahasa percakapan Inggris. Secara berturut-turut, AS merupakan 62% dari total pengguna Twitter, Inggris hampir mencapai 8%, serta Kanada dan Australia masing-masing dengan 5.7% dan 2.8%. Negara berbahasa bukan Inggris yang penggunanya terbesar adalah Brazil dengan 2%.
10. Twitter digunakan secara maksimal oleh para ‘social media geek’. Ada sekitar 15% pengguna Twitter yang mengikuti lebih dari 2000 orang dan menamakan diri mereka ‘social media marketer’. Orang-orang ini lah yang seringkali memperbarui ‘cuapan’ mereka tiap hari (kadang lebih dari sekali per hari) dan menggunakan Twitter secara lebih giat untuk komunikasi langsung.
Kota dengan pengguna Twitter terbanyak jatuh kepada: New York, Los Angeles, Toronto, San Fransisco, dan Boston. Saat ini Los Angeles lah yang penggunanya paling meningkat dalam daftar kota ini.

KESIMPULAN DAN SARAN

KESIMPULAN
          Kesimpulan diatas maka dapat disimpulkan bahwa kebutuhan
Internet (facebok dan twitter) sangatlah penting penting di era globalisasi seperti sekarang ini. Orang banyak menggunakan jasa Internet untuk memasaran produk, jasa dan lain
sebagainya, bahkan orang menulis lewat internet dan siap di publikasikan yang
dapat di lihat orang semua orang dimana pun orang itu berada.
          Dalam usaha Warnet yang merupakan menjual jasa, maka semua karyawan
harus terlibat langsung dalam pelayanan kepada pelanggan untuk menari
simpati para pelanggan agar pelanggan betah dan terus berkunjung ke Warnet
yang akan dibuka.
          Dalam sebuah bisnis tidak mungkin berjalan dengan mulus tanpa rintangan dan hambatan bahkan kerugian, maka untuk itu sebagai seorang wirausaha kita harus siap menghadapi kondisi seperti itu bahkan tersulit sekalipun, dan harus bisa menyeleisaikan masalah yang ada. Serta harus mendengarkan masukan dan keluhan dari karyawan
SARAN
      Twitter terbukti membawa manfaat beragam bagi penggunanya. Dari mulai menemukan cinta sampai mematai-matai orang bisa dilakukan via situs mikroblogging ini.

         Kalau di telaah lebih jauh Facebook memberikan beberapa manfaat untuk pekerjaan dan perusahaan. Terjalinnya hubungan yang akrab antar karyawan dan atasan sehingga memberikan iklim kerja yang positif. Sedangkan untuk orang yang berhubungan dengan marketing, facebook akan menambah relasi bisnis, dan merupakan sarana promosi untuk perusahaan.