Senin, 22 November 2010

REVIEW JURNAL


REVIEW JURNAL
JURNAL I
Tema : Perkembangan Teknologi Pada Masyarakat
Judul : MANFAAT FACEBOOK DAN TWITTER BAGI MASYARAKAT

Latar Belakang Masalah
          Dampak sosial networking pada anak remaja sangat terlihat jelas, baik itu dampak negatif maupun dampak positif. Facebook merupakan salah satu sosial networking yang sangat populer saat ini, jadi semua kalangan baik itu anak-anak, remaja bahkan orang tua mengenal apa itu facebook. Ada beberapa orang beranggapan Facebook itu penting dan bermanfaat misalnya seperti mempertemukan kembali teman yang sudah lama sekali melakukan komunikasi, dengan adanya facebook pertemanan mereka terhubung kembali.
          Namun di balik itu semua facebook mempunyai dampak negatif yang sangat luar biasa, dari penggunaan facebook sangat memungkinkan remaja dan anak – anak menjadi korban tindak kekerasan, pelecehan, bahkan kriminalitas. Sebagai contoh misalnya adalah terungkapnya berbagai macam kasus modus kejahatan melalui jejaring sosial facebook, mulai dari penculikan, penipuan hingga perselingkuhan.
Perumusan Masalah
        Berdasarkan latar belakang di atas dirumuskan permasalahan penelitian yaitu bagaimana masyarakat menggunakan dan menjalankan atau mengoprasikan facebook dan tewitter dengan semestinya. Tanpa disalah gunakan untuk kegiatan yang tidak baik.
Tujuan Penelitian
1.      Untuk mengetahui intensitas penggunaan facebook dan twitter di kalangan maryarakat
2.      Untuk mengetahui tujuan menggunakan facebook dan twitter.
3.      Untuk mengetahui manfaat facebook dan twitter.

Manfaat Penelitian

1.      Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya khasanah penelitian perihal penggunan   facebook dan twitter dalam kehidupan sehari-hari.­
2.      Penelitian ini bermanfaat dalam penerapan teori-teori tentang dampak kehadiran teknologi facebook dan twitter dan pengaruhnya terhadap gaya hidup masyarakat.
3.      Sebagai pengembangan ilmu Komunikasi.
METODOLOGI PENELITIAN

Metode Penelitian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tanya jawab yang menggambarkan bagaimana Gaya hidup masyarakat yang menggunakan facebook dan twitter di kalangan masyarakat.

HASIL DATA DAN  PEMBAHASAN

A.     Deskripsi Hasil Penelitian.
Dari keseluruhan jumlah kuesioner yang dialokasikan di lokasi penelitian yaitu sebanyak 60 kuesioner, jumlah tersebut kembali semuanya, sehingga kuesioner cukup 100%, dengan demikian yang akan dianalisis dalam bab ini adalah data yang diperoleh 60 responden tersebut, adapun data yang akan dibahas mulai dari identitas responden, jenis kelamin, usia, pendidikan, suku, Agama dan lain-lain dan berikut ini dapat kita liahan antara lain:
Tabel 1
Identitas Responden

No.
Jenis Kelamin
f
%
1
Laki-laki
26
43,33
2
Perempuan
34
56,67
Jumlah
60
100
Sumber : Hasil Penelitian
n = 60

Responden yang berjenis kelamin laki-laki sebanyak 26 orang atau 43,33 % dan jenis  klamin perempuan subanyak 34 orang atau 56,67 %. Dari pengamatan peneliti lebih dominan perempuan disebabkan pada waktu wawancara dilapangan yang mulai pagi hari yang dijumpai dirumah adalah mayorotas prempuan, sedangkan laki-laki mayoritas bekerja.

B.     Kepemilikan Komputer
Tabel 2
Kemiliki komputer
No
Alternatif jawaban
f
%
1
Memiliki sendiri
55
91,67
2
Milik orang tua/keluarga
5
8,33
3
Kawan
-
-
4
Lainnya …
-
-
Jumlah
60
100
Sumber : Hasil Penelitian
n = 60

Dari tabel 4 diatas dapat dilihat bahwa kepemilikan computer selular responden adalah milik sendiri ada 55 orang atau sebanyak 91,67%, dan milik orang tua ada 5 orang atau 8,33%, sadangkan untuk milik kawan tidak ada. Dari analisis peneliti bahwa kebanyakan memiliki sendiri, karena sangat tidak mungkin selamanya kita selalu meminjam milik orang lain, karena jaman sekarang ini computer bukan lagi barang mewah, tetapi sudah merupakan barang biasa, sedangkan yang milik keluarga sangan minim sekali.
                                                                Tabel  3
Penggunaan fasilitas  internet oleh responden

No
Penggunaan fasilitas layanan mengakses internet
F
%
1
Sangat sering
8
53,34
2
Sering
3
20
3
Jarang
2
13,33
4
Tidak pernah
2
13,33
Jumlah
15
100
Sumber : Hasil Penelitian
n = 60

Dari tabel 9 diatas dapat dilihat bahwa penggunaan fasilitas mengakses internet pada computer  response adalah, sangat sering ada 8 orang atau 53,34%, dan yang sering ada 7 orang atau 20%, lalu yang jarang ada 2 atau 13,33%, dan yang tidak pernah ada 2 orang atau 13,33%, dari jumlah responden computer  yang memakai fasilitas internet ada  8 orang tidak pernah memakai sama sekali, sedangkan lainnya ada yang memang jarang digunakan dan ada yang mengaku sering dan sangat sering digunakan, mereka ini mencari informasi yang belum mereka dapatkan dari media lainnya.
KESIMPULAN

KESIMPULAN
          Kesimpulan diatas maka dapat disimpulkan bahwa kebutuhan
Internet (facebok dan twitter) sangatlah penting penting di era globalisasi seperti sekarang ini. Orang banyak menggunakan jasa Internet untuk memasaran produk, jasa dan lain
sebagainya, bahkan orang menulis lewat internet dan siap di publikasikan yang
dapat di lihat orang semua orang dimana pun orang itu berada.
          Dalam usaha Warnet yang merupakan menjual jasa, maka semua karyawan
harus terlibat langsung dalam pelayanan kepada pelanggan untuk menari
simpati para pelanggan agar pelanggan betah dan terus berkunjung ke Warnet
yang akan dibuka.
          Dalam sebuah bisnis tidak mungkin berjalan dengan mulus tanpa rintangan dan hambatan bahkan kerugian, maka untuk itu sebagai seorang wirausaha kita harus siap menghadapi kondisi seperti itu bahkan tersulit sekalipun, dan harus bisa menyeleisaikan masalah yang ada. Serta harus mendengarkan masukan dan keluhan dari karyawan

JURNAL II
Tema : Perkembangan
Teknologi Pada Masyarakat
Judul :PENGARUH INTERNET BAGI GAYA HIDUP MANUSIA DI KOTA BESAR

Latar Belakang Masalah

            Internet saat ini menjadi alat bantu yang berguna bagi pemenuhan kebutuhan informasi. Internet telah banyak digunakan di seluruh dunia, salah satunya adalah Indonesia. Hampir seluruh lapisan masyarakat di indonesia telah menggunakan internet. Bahkan hampir seluruh lapisan pendidikan mulai memperkenalkan internet kepada anak didiknya. Tidak hanya SMA, bahkan Sekolah Dasar pun telah menerapkan pengenalan tentang internet. Semakin banyak masyarakat yang menggunakan internet, nampaknya memiliki pengaruh terhadap gaya hidup, terutama pada masyarakat di kota-kota besar.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa semakin berkembangnya penggunaan internet di kota-kota besar akan mempengaruhi gaya hidup manusia atau masyarakatnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh internet bagi gaya hidup manusia di kota besar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan yang berguna bagi pembaca agar dapat memanfaatkan internet secara efektif.
Landasan Teori

Pengertian Internet
      
Internet adalah suatu jaringan komputer global yang terbentuk dari jaringan-jaringan komputer lokal dan regional, yang memungkinkan komunikasi data antar komputer-komputer yang terhubung dengan jaringan tersebut (Anonim, 1996)
           Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Cikal bakal dari Internet adalah ARPANET, sebuah jaringan eksperimen milik pemerintah Amerika Serikat berbasis komunikasi data paket yang didirikan di tahun 1969.
Pengertian Gaya Hidup

             
Gaya hidup adalah suatu kerangka acuan yang dipahami oleh individu dalam bertingkah laku guna memperkuat identitas, mengikuti nilai perilaku tertentu yang diwujudkan dalam bentuk perilaku atau aktifitas, minat dan juga pendapat individu tentang lingkungan sosial dimana individu itu berada (Sakinah, 2009).
          Istilah gaya hidup pada asalnya dicipta oleh ahli pisikologi Austria, Alfred  Adler, pada 1929. Pengertiannya yang lebih luas, sebagaimana difahami pada hari ini, mula digunakan sejak 1961. Dalam bidang sosiologi, gaya hidup ialah cara bagaimana seseorang hidup. Gaya hidup ialah kumpulan ciri tingkah laku yang bererti kepada kedua-dua orang-orang lain dan diri sendiri dalam sesuatu masa dan tempat, termasuk hubungan social , penggunaan ,hiburan dan pakaian.

Pembahasan

        
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Surya Dwiartha pada tahun 2003, dikatakan bahwa penggunaan internet memiliki dampak terhadap pola perilaku masyarakat di perkotaan. Penelitian tersebut dilakukan terhadap masyarakat di Bandung. Temuan studi menunjukkan bahwa telah terjadi evolusi penggunaan internet, dari penggunaan untuk fungsi sederhana (komunikasi) menjadi penggunaan dengan fungsi yang spesifik. Temuan studi lainnya menunjukkan bahwa pengguna internet merupakan masyarakat yang berpendidikan tinggi (well educated) dan mampu secara finansial (well _financed).
Studi tersebut juga menunjukkan dampak yang teridentifikasi akibat penggunaan internet secara intensif dapat dibagi berdasarkan tiga kriteria, yaitu pola pergerakan, pola aktivitas dan implikasinya terhadap interaksi sosial. Dengan hasil penelitian sebagai berikut:
a. Tidak ada reduksi pergerakan di masyarakat yang terjadi akibat penggunaan internet kecuali untuk beberapa perjalanan yang tidak rutin dilakukan.
b. Pola aktivitas masyarakat mengalami perubahan dengan makin banyaknya profesi yang terkait dengan pemanfaatan internet untuk digunakan sebagai bagian dari pekerjaan.
c. Interaksi sosial sebagai implikasi dari berubahnya pola pergerakan dan pola aktivitas juga mengalami perubahan, ditandai dengan menurunnnya intensitas pertemuan tatap muka untuk melakukan komunikasi sederhana seperti ngobrol dan diskusi, sedangkan pertemuan yang membutuhkan kontak fisik dan ikatan emosional kuat tidak dapat digantikan oleh penggunaan internet.
Metode Penelitian
berikut beberapa questioner yang diajukan penulis pada masyarakat tersebut antara lain:
  1. menurut anda, mengapa masyarakat sekarang sangat menyukai internet dari pada surat kabar?
  2. menurut anda, apa penyebap anak muda jaman sekarang sangat suka dengan internet?
  3. menurut anda, bagaimana cara penggunaan internet yang tepat?
  4. menurut anda, apa saja kegunaan internet bagi masyarakat sekarang?
Jawaban questioner :
1.      karma dengan menggunakan internet masyarakat lebih bisa mendapat informasi yang lebih di banding hanya membaca surat kabar.
2.      karna pergaulan sekarang yang mengharuskan anak muda jaman sekarang untuh mengerti tentang internet.
3.      internwt dapat di gunakan seperlunya seperti mencari berita yang masih kurang jelas dan tidak menggunakannya untuk kepentingan yang tidak-tidak.
4.      internet dapat di gunakan untuk mencari berita-berita terkini dan untuk mencari lowongan pekerjaan.

Kesimpulan
Dari hasil studi di atas, kita dapat membuat kesimpulan berdasarkan fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini akan dijabarkan beberapa fenomena yang teramati, yang sesuai dengan hasil dari studi tersebut.

a. Saat ini, internet bukan hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja, melainkan juga menjadi alat untuk berdagang, curhat, mencari pekerjaan, mencari uang, bahkan mencari jodoh.
b. Internet juga bukan lagi digunakan oleh masyarakat yang berpendidikan tinggi saja. Anak SD pun bisa main internet. Apalagi warnet tidak membatasi usia seseorang untuk bisa menjadi pelanggannya.
c. Kebanyakan masyarakat menggunakan internet bukan hanya untuk pekerjaan saja, tetapi juga untuk hiburan.
d. Internet juga tidak hanya digunakan untuk profesi tertentu saja sebagai penunjang pekerjaan. Pekerja yang pekerjaannya tidak memerlukan fasilitas internet pun, butuh internet juga lho! Pekerja pabrik, bahkan sampai satpam pun, pasti bisa main internet (terutama facebook-an).

JURNAL III
Tema : Perkembangan
Teknologi Pada Masyarakat
Judul : MANFAAT INTERNET BAGI MASYARAKAT
Latar Belakang Masalah
Internet adalah jaringan informasi komputer mancanegara yang berkembang sangat pesat dan pada saat ini dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia, sehingga sudah seharusnya para profesional mengenal manfaat apa yang dapat diperoleh melalui jaringan ini.
Latar Belakang InternetCikal bakal dari Internet adalah ARPANET.
Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (Information and Communication Technology/ICT) merupakan tulang punggung aplikasi Web 2.0. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang fenomenal dan menjadi awal munculnya aplikasi web adalah Internet. Internet yang berawal dari riset untuk pertahanan dan keamanan serta pendidikan berkembang menjadi perangkat pendukung bisnis yang sangat berpengaruh. Dalam kaitan dengan aplikasi Web 2.0 ini, terdapat beberapa peristiwa penting dalam sejarah interne.
Berawal pada tahun 1957, melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat bertekad mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan sputnik).
Pembahasan
Manfaat Internet sekarang sudah dapat dirasakan oleh berbagai kalangan. Manfaat Internet sebagai salah satu media terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendoronga majunya pendidikan masa depan.
Teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara masal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.
Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu
sebagai media interpersonal dan massa;
b. bersifat interaktif,
c. memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron.
Karakteristik ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional.
Teknologi internet menunjang pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan. Metoda talk dan chalk, ”nyantri”, ”usrah” dapat dimodifikasi dalam bentuk komunikasi melalui e-mail, mailing list, dan chatting. Mailing list dapat dianalogikan dengan ”usrah”, dimana pakar akan berdiskusi bersama anggota mailing list. Metoda ini mampu menghilangkan jarak antara pakar dengan pelajar. Suasana yang hangat dan nonformal pada mailing list ternyata menjadi cara pembelajaran yang efektif seperti pada metoda ”usrah”.
METODOLOGI PENELITIAN
Metode Penelitian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah questioner yang diajukan penulis pada masyarakat tersebut antara lain:
1. Menurut anda, apa kan manfaat internet bagi masyarakat ?
2. menurut anda, bagaimana cara penggunaan internet yang tepat?
3. menutut anda, apa manfaat internet bagi pendidikan ?
Jawaban questioner :
1. Manfaat Internet sebagai salah satu media terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendoronga majunya pendidikan masa depan.
2. internet dapat di gunakan seperlunya seperti mencari berita , mencari pekerjaan dan dapat di gunakan untuk berjualan.
3. Manfaat Internet sebagai salah satu media terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendoronga majunya pendidikan masa depan.
Kesimpulan
Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa internet bukanlah pengganti sistem pendidikan. Kehadiran internet lebih bersifat suplementer dan pelengkap. Metoda konvensional tetap diperlukan, hanya saja dapat dimodifikasi ke bentuk lain. Metoda talk dan chalk dimodifikasi menjadi online conference. Metoda ”nyantri” dan ”usrah” mengalami modifikasi menjadi diskusi melalui mailing list.
Pemakaian Komputer dalam Proses Belajar
Sebelumnya perlu dijelaskan istilah CAI dan CMI yang digunakan dalam kegiatan belajar dengan komputer.
CAI ; yaitu penggunaan komputer secara langsung dengan siswa untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan dan mengetes kemajuan belajar siswa. CAI dapat sebagai tutor yang menggantikan guru di dalam kelas. CAI juga bermacam-macam bentuknya bergantung kecakapan pendesain dan pengembang pembelajarannya, bisa berbentuk permainan (games), mengajarkan konsep-konsep abstrak yang kemudian dikonkritkan dalam bentuk visual dan audio yang dianimasikan.
CMI ; digunakan sebagai pembantu pengajar menjalankan fungsi administratif yang meningkat, seperti rekapitulasi data prestasi siswa, database buku/e-library, kegiatan administratif sekolah seperti pencatatan pembayaran, kuitansi dll.

Jurnal III


MANFAAT INTERNET BAGI MASYARAKAT

 

 

Latar Belakang Masalah

Internet adalah jaringan informasi komputer mancanegara yang berkembang sangat pesat dan pada saat ini dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia, sehingga sudah seharusnya para profesional mengenal manfaat apa yang dapat diperoleh melalui jaringan ini.

Latar Belakang InternetCikal bakal dari Internet adalah ARPANET.
Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (Information and Communication Technology/ICT) merupakan tulang punggung aplikasi Web 2.0. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang fenomenal dan menjadi awal munculnya aplikasi web adalah Internet. Internet yang berawal dari riset untuk pertahanan dan keamanan serta pendidikan berkembang menjadi perangkat pendukung bisnis yang sangat berpengaruh. Dalam kaitan dengan aplikasi Web 2.0 ini, terdapat beberapa peristiwa penting dalam sejarah interne

Berawal pada tahun 1957, melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat bertekad mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan sputnik).

Perkembangan besar Internet pertama adalah penemuan terpenting ARPA yaitu packet switching pada tahun 1960. Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salahsatu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi. Maka ketika ARPANET menjadi jaringan komputer nasional di Amerika Serikat pada 1969, packet switching digunakan secara menyeluruh sebagai metode komunikasinya menggantikan circuit switching yang digunakan pada sambungan telepon publik.

 

Pembahasan

Manfaat Internet sekarang sudah dapat dirasakan oleh berbagai kalangan. Manfaat Internet sebagai salah satu media terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendoronga majunya pendidikan masa depan.

Teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara masal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.
Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu

sebagai media interpersonal dan massa;
b. bersifat interaktif,
c. memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron.

Karakteristik ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional.

Teknologi internet menunjang pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan. Metoda talk dan chalk, ”nyantri”, ”usrah” dapat dimodifikasi dalam bentuk komunikasi melalui e-mail, mailing list, dan chatting. Mailing list dapat dianalogikan dengan ”usrah”, dimana pakar akan berdiskusi bersama anggota mailing list. Metoda ini mampu menghilangkan jarak antara pakar dengan pelajar. Suasana yang hangat dan nonformal pada mailing list ternyata menjadi cara pembelajaran yang efektif seperti pada metoda ”usrah”.
Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan teknologi informasi :

•arus informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat;
•kemudahan mendapatkan resource yang lengkap,
•aktifitas pembelajaran pelajar meningkat,
•daya tampung meningkat,
•adanya standardisasi pembelajaran,
•meningkatkan learning outcomes baik kuantitas/kualitas.



METODOLOGI PENELITIAN

 

Metode Penelitian.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah questioner yang diajukan penulis pada masyarakat tersebut antara lain:

 

 

1. Menurut anda, apa kan manfaat internet bagi masyarakat ?

2. menurut anda, bagaimana cara penggunaan internet yang tepat?

3. menutut anda, apa manfaat internet bagi pendidikan ?

 

 

 

Jawaban questioner :

 

1. Manfaat Internet sebagai salah satu media terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendoronga majunya pendidikan masa depan.

2. internet dapat di gunakan seperlunya seperti mencari berita , mencari pekerjaan dan dapat di gunakan untuk berjualan.

3. Manfaat Internet sebagai salah satu media terbesar di dunia bisa digunakan sebagai pendoronga majunya pendidikan masa depan.

 

 

 

 

Kesimpulan

 

Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa internet bukanlah pengganti sistem pendidikan. Kehadiran internet lebih bersifat suplementer dan pelengkap. Metoda konvensional tetap diperlukan, hanya saja dapat dimodifikasi ke bentuk lain. Metoda talk dan chalk dimodifikasi menjadi online conference. Metoda ”nyantri” dan ”usrah” mengalami modifikasi menjadi diskusi melalui mailing list.
Pemakaian Komputer dalam Proses Belajar
Sebelumnya perlu dijelaskan istilah CAI dan CMI yang digunakan dalam kegiatan belajar dengan komputer.
CAI ; yaitu penggunaan komputer secara langsung dengan siswa untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan dan mengetes kemajuan belajar siswa. CAI dapat sebagai tutor yang menggantikan guru di dalam kelas. CAI juga bermacam-macam bentuknya bergantung kecakapan pendesain dan pengembang pembelajarannya, bisa berbentuk permainan (games), mengajarkan konsep-konsep abstrak yang kemudian dikonkritkan dalam bentuk visual dan audio yang dianimasikan.
CMI ; digunakan sebagai pembantu pengajar menjalankan fungsi administratif yang meningkat, seperti rekapitulasi data prestasi siswa, database buku/e-library, kegiatan administratif sekolah seperti pencatatan pembayaran, kuitansi dll.
Pada masa sekarang CMI & CAI bersamaan fungsinya dan kegiatannya seperti pada e-Learning, dimana urusan administrasi dan kegiatan belajar mengajar sudah masuk dalam satu sistem.