Sabtu, 06 November 2010

jurnal II


PENGARUH INTERNET BAGI GAYA HIDUP MANUSIA DI KOTA BESAR


Latar Belakang Masalah

            Internet saat ini menjadi alat bantu yang berguna bagi pemenuhan kebutuhan informasi. Internet telah banyak digunakan di seluruh dunia, salah satunya adalah Indonesia. Hampir seluruh lapisan masyarakat di indonesia telah menggunakan internet. Bahkan hampir seluruh lapisan pendidikan mulai memperkenalkan internet kepada anak didiknya. Tidak hanya SMA, bahkan Sekolah Dasar pun telah menerapkan pengenalan tentang internet. Semakin banyak masyarakat yang menggunakan internet, nampaknya memiliki pengaruh terhadap gaya hidup, terutama pada masyarakat di kota-kota besar.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa semakin berkembangnya penggunaan internet di kota-kota besar akan mempengaruhi gaya hidup manusia atau masyarakatnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh internet bagi gaya hidup manusia di kota besar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan yang berguna bagi pembaca agar dapat memanfaatkan internet secara efektif.
II. Landasan Teori

II.1. Pengertian Internet
      
Internet adalah suatu jaringan komputer global yang terbentuk dari jaringan-jaringan komputer lokal dan regional, yang memungkinkan komunikasi data antar komputer-komputer yang terhubung dengan jaringan tersebut (Anonim, 1996)
           Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Cikal bakal dari Internet adalah ARPANET, sebuah jaringan eksperimen milik pemerintah Amerika Serikat berbasis komunikasi data paket yang didirikan di tahun 1969.
II.2. Pengertian Gaya Hidup

             
Gaya hidup adalah suatu kerangka acuan yang dipahami oleh individu dalam bertingkah laku guna memperkuat identitas, mengikuti nilai perilaku tertentu yang diwujudkan dalam bentuk perilaku atau aktifitas, minat dan juga pendapat individu tentang lingkungan sosial dimana individu itu berada (Sakinah, 2009).
          Istilah gaya hidup pada asalnya dicipta oleh ahli pisikologi Austria, Alfred  Adler, pada 1929. Pengertiannya yang lebih luas, sebagaimana difahami pada hari ini, mula digunakan sejak 1961. Dalam bidang sosiologi, gaya hidup ialah cara bagaimana seseorang hidup. Gaya hidup ialah kumpulan ciri tingkah laku yang bererti kepada kedua-dua orang-orang lain dan diri sendiri dalam sesuatu masa dan tempat, termasuk hubungan social , penggunaan ,hiburan dan pakaian

III. Pembahasan

        
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Surya Dwiartha pada tahun 2003, dikatakan bahwa penggunaan internet memiliki dampak terhadap pola perilaku masyarakat di perkotaan. Penelitian tersebut dilakukan terhadap masyarakat di Bandung. Temuan studi menunjukkan bahwa telah terjadi evolusi penggunaan internet, dari penggunaan untuk fungsi sederhana (komunikasi) menjadi penggunaan dengan fungsi yang spesifik. Temuan studi lainnya menunjukkan bahwa pengguna internet merupakan masyarakat yang berpendidikan tinggi (well educated) dan mampu secara finansial (well _financed).
Studi tersebut juga menunjukkan dampak yang teridentifikasi akibat penggunaan internet secara intensif dapat dibagi berdasarkan tiga kriteria, yaitu pola pergerakan, pola aktivitas dan implikasinya terhadap interaksi sosial. Dengan hasil penelitian sebagai berikut:
a. Tidak ada reduksi pergerakan di masyarakat yang terjadi akibat penggunaan internet kecuali untuk beberapa perjalanan yang tidak rutin dilakukan.
b. Pola aktivitas masyarakat mengalami perubahan dengan makin banyaknya profesi yang terkait dengan pemanfaatan internet untuk digunakan sebagai bagian dari pekerjaan.
c. Interaksi sosial sebagai implikasi dari berubahnya pola pergerakan dan pola aktivitas juga mengalami perubahan, ditandai dengan menurunnnya intensitas pertemuan tatap muka untuk melakukan komunikasi sederhana seperti ngobrol dan diskusi, sedangkan pertemuan yang membutuhkan kontak fisik dan ikatan emosional kuat tidak dapat digantikan oleh penggunaan internet.
Metode Penelitian
berikut beberapa questioner yang diajukan penulis pada masyarakat tersebut antara lain:
  1. menurut anda, mengapa masyarakat sekarang sangat menyukai internet dari pada surat kabar?
  2. menurut anda, apa penyebap anak muda jaman sekarang sangat suka dengan internet?
  3. menurut anda, bagaimana cara penggunaan internet yang tepat?
  4. menurut anda, apa saja kegunaan internet bagi masyarakat sekarang?


Jawaban questioner :
1.      karma dengan menggunakan internet masyarakat lebih bisa mendapat informasi yang lebih di banding hanya membaca surat kabar.
2.      karna pergaulan sekarang yang mengharuskan anak muda jaman sekarang untuh mengerti tentang internet.
3.      internwt dapat di gunakan seperlunya seperti mencari berita yang masih kurang jelas dan tidak menggunakannya untuk kepentingan yang tidak-tidak.
4.      internet dapat di gunakan untuk mencari berita-berita terkini dan untuk mencari lowongan pekerjaan.


IV. Kesimpulan

Dari hasil studi di atas, kita dapat membuat kesimpulan berdasarkan fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini akan dijabarkan beberapa fenomena yang teramati, yang sesuai dengan hasil dari studi tersebut.

a. Saat ini, internet bukan hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja, melainkan juga menjadi alat untuk berdagang, curhat, mencari pekerjaan, mencari uang, bahkan mencari jodoh.

b. Internet juga bukan lagi digunakan oleh masyarakat yang berpendidikan tinggi saja. Anak SD pun bisa main internet. Apalagi warnet tidak membatasi usia seseorang untuk bisa menjadi pelanggannya.

c. Kebanyakan masyarakat menggunakan internet bukan hanya untuk pekerjaan saja, tetapi juga untuk hiburan.

d. Internet juga tidak hanya digunakan untuk profesi tertentu saja sebagai penunjang pekerjaan. Pekerja yang pekerjaannya tidak memerlukan fasilitas internet pun, butuh internet juga lho! Pekerja pabrik, bahkan sampai satpam pun, pasti bisa main internet (terutama facebook-an).

Awal munculnya internet, diharapkan memiliki banyak manfaat bagi manusia. Memang benar. Diawal, internet sangat berguna untuk komunikasi dan penyebaran informasi secara global. Namun sekarang yang terjadi, dampak buruk internet semakin banyak terlihat. Contohnya: video porno dapat diakses kapan saja, menariknya tampilan program-program di internet membuat orang lupa waktu, apalagi kalau sudah facebook-an, membuat produktifitas menurun. Oleh karena itu, sepatutnyalah kita dapat menggunakan internet dengan bijaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar